APA ITU SLICER DALAM 3D PRINTING? - DesainCAD

APA ITU SLICER DALAM 3D PRINTING?

APA ITU SLICER DALAM 3D PRINTING?


Apa itu Slicer dalam 3D printing?


Slicer 3D Printing - Sebelum melakukan proses mencetak pada 3D printer, sebuah objek 3D model terlebih dahulu harus diolah kedalam software pemotong yang disebut SILICER. Software SLICER adalah program yang menterjemahkan objek 3D model menjadi potongan-potongan irisan menjadi kode mesin atau G-code yang memberi instruksi kepada mesin printer untuk membuat pencetakan objek 3D.  


Proses slicing 3D printing

SLICER sangat menentukan bagaimana model 3D dibuat oleh mesin printer 3D. Input dari pembuatan G-code di slicer tidak terbatas hanya berupa objek 3D modelnya saja, Input parameter seperti, kekuatan model, jumlah detail, atau kecepatan proses cetak dan beragam instruksi parameter lainnya juga mempengaruhi hasil cetak 3D nya.


Baca juga : Cara Basic setting Slicer pada 3D Printing


Top Software Slicer 3D Printing


Ada banyak software Slicer yang bisa anda gunakan saat ini untuk memulai 3D printing. Beberapa diantaranya berbasis open sourch atau gratis, dan sebagiannya lagi berbayar. Berikut adalah beberapa daftar software Slicer yang poluler dan paling banyak digunakan.


1. Cura 


Cura Slicer adalah software yang dikembangkan oleh Ultimaker, sebuah perusahaan asal Belanda yang memproduksi 3D Printer. Basis perakitan dan pabrikasi 3D printer mereka berada di Amerika serikat. Software ini kompatibel dengan semua 3D printer desktop dan dapat menjalankan beberapa format file 3D seperti .STL, .OBJ, .X3D, dan .3MF. 

 

Tampilan Ultimaker Cura Slicer

2. Simplify3D


Simplyfy3D adalah software slicer yang dikembangkan secara mandiri. Ia tidak terikat dengan merek 3D printer tertentu. Software slicer ini berbayar dan ditujukan untuk pengguna profesional. Simplyfy 3D dapat digunakan oleh ratusan merek 3D printer. Jika anda menggunakan beberapa merek 3D printer slicer ini sangat berguna. Fitur yang yang ditawarkan juga sangat lengkap dibanding software slicer lain.


Tampilan Simplyfy3D Slicer


3. Prusa Slicer


Prusa Slicer adalah slicer yang yang berbasis open sourch atau gratis yang dimiliki oleh pebarikan 3D printer dengan merek Original Prusa 3D Printer. Prusa Slicer juga salah satu software yang paling banyak diminati oleh pelaku 3D printing. Lewat lembaga risetnya yaitu Prusa Research software ini banyak melakukan peningkatan dan pengoptimalan, termasuk mengembangkan 3D printer untuk pencetakan multi material.


Tampilan Prusa Slicer

Masih banyak lagi software Slicer yang bisa menjadi alternatif untuk anda gunakan seperti : Creality Slicer, 3DPrinterOD, IdeaMaker, dll. Namun ketiga software slicer yang ada diatas adalah yang terbaik dan paling banyak digunakan oleh pelaku 3D printing saat ini.


Demikian penjelasan singkat mengenai Slicer 3D printing.


Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, bagikan kepada penggemar dan pengguna 3D printing lainnya.


Jika anda memilki pertanyaan dan komentar? Beri tahu kami pada kolom komentar.


Salam..😇


Please write your comments