10 SOFTWARE CAD TERBAIK UNTUK PROFESIONAL 2021

Jika anda berkecimpung dalam dunia profesional dibidang design engineering tentunya tidak asing dengan sebuah aplikasi program yang disebut Computer Aided Design (CAD). Software CAD merupakan program aplikasi desain yang digunakan oleh para engineer, arsitek, maupun designer yang membantu mereka dalam hal membuat sebuah rancangan, desain produk, analisis, meningkatkan kualitas desain, dan sebagai sarana komunikasi dokumentasi/ database desain untuk manufaktur,  serta berbagai kebutuhan lainnya dalam  hal optimalisasi desain.



Ada banyak software CAD profesional yang hebat tersedia dipasar saat ini seiring dengan perkembangan software design engineering. Masing-masing menawarkan keunggulan software, pengalaman pengguna sambil berbagi fitur inti yang sama. 


Berikut kami sajikan software desain CAD terbaik untuk profesional yang dapat anda jadikan pertimbangan mana yang cocok anda gunakan buat industri maupun kolaborasi tim anda. 


10 Sofware Desain CAD Terbaik untuk Profesional 2021


1. Autodesk AutoCAD

2. AutoDesk Inventor

3. Autodesk Fusion 360

4. Solidworks

5. CATIA

7. Creo

6. Onshape

8. SIEMENS NX

9. Solid Edge

10. Shapr3D


AutoCAD


Image credit : Autodesk.com


Semua orang pasti sudah mengenal AutoCAD sebagai software CAD yang paling populer dan paling banyak digunakan di dunia engineering, arsitektur dan manufaktur. AutoCAD dikembangkan oleh perusahaan Autodesk sudah ada sejak tahun 1982 dan boleh dibilang sebagai pelopor dari perkembangan berbagai software CAD yang ada saat ini.


AutoCAD sangat bisa di andalkan dalam hal menggambar 2D dan 3D drawing. Fitur yang ditawarkan AutoCAD mencakup Drafting, annotate/ dimensioning, desain geometri 2D, dan membuat 3D model solid, surfaces, maupun meshing objek dan banyak lagi fitur lainnya.  


AutoCAD sudah merupakan software CAD wajib bagi profesional seperti : Architecture designer, interior designer, civil drafter, electrical drafter, mechanical drafter, manufacturing engineer, dan profesi engineering lainnya.


Inventor


Image credit : Autodesk.com


Software desain Inventor adalah salah satu dari berbagai program aplikasi design yang juga dikembangkan oleh Autodesk. Inventor merupakan sebuah software berbasis pemograman Solid yang menyediakan beragam fitur pemodelan seperti parametrik desain langsung dan bentuk bebas (free form), dokumentasi, prototyping dan kemampuan melakukan analisis berbasis Finite Element Method/ Analysis (FEM/FEA) dalam satu paket.


Inventor sangat powerful digunakan bagi profesional yang fokus dalam bidang digital prototyping dan simulasi dalam merancang sebuah produk desain.


Fusion 360


Image credit : Autodesk.com


Masih satu perusahaan dengan Autodesk, software CAD Fusion 360 umumnya diasosiasikan untuk pengguna non-profesional seperti : orang yang hobby dalam desain dan untuk tujuan pendidikan. Sebagai software yang lebih baru di CAD, Fusion 360 saat ini mengalami perkembangan dan peningkatan user yang sangat signifikan. Teknologi fitur yang ditawarkan menyertakan solusi dalam hal optimalisasi topologi desain dan generatif desain. 


Software Fusion 360 berbasis cloud, dimana semua file digital desain yang yang dibuat oleh software ini akan tersimpan otomatis di cloud dalam satu akun pengguna user Autodesk. Fusion 360 juga memiliki fitur yang powerful dalam hal desain, mulai dari proses sketsa desain, assembling part, simulasi, dan dapat juga melakukan proses simulasi CAM (Computer Aided Manufacturing). Selain itu Fusion 360 mampu melakukan proses berat seperti rendering dan desain generatif di cloud.


Fusion 360 sangat ideal digunakan oleh mereka yang bergelut di dunia 3D printing dan profesional/ engineering entreprenerur.


SolidWorks


Image credit : hawkridgesys.com


Salah satu program CAD yang tidak kalah populernya saat ini adalah Solidworks. Solidworks adalah software pemodelan 3D yang juga berbasis pemograman solid yang merupakan kompetitor dari Inventor dimana fitur yang ditawarkan hampir sama dengan Inventor. Software buatan perusahaan asal perancis ini yaitu Dasssault Systemes (3DS) mengembangkan solidworks yang awalnya dibuat oleh lulusan engineering MIT


Sebagai software pemodelan dan rekayasa berbantuan komputer/ Computer Aided Engineering (CAE), Solidworks dirancang dengan mempertimbangkan berbagai segmen industri secara luas, seperti sektor industri perancangan dan pembuatan kapal, peralatan industri, produk design, manufaktur, arsitektur bahkan dalam sektor medis dan energi. 


Untuk memaksimalkan keunggulan fitur yang ada di Solidworks dibutuhkan pengetahuaan dibidang teknik dan pelatihan yang intensif bagi profesional engineer dibidangnya. Sayangnya Solidworks hanya bisa berjalan di komputer yang berbasis Windows. 


CATIA


Image credit : 3ds.com


Software CATIA juga dikembangkan oleh perusahaan Dassault Systemes (3DS) yang secara spesifik didesain khusus untuk menangangi rancangan-rancangan tingkat tinggi dan perakitan secara lebih rinci dan detail yang dibutuhkan disektornya, seperti sektor otomotif dan dirgantara. 


Faktanya saat ini, CATIA menjadi pilihan terbaik bagi perusahaan-perusahaan otomotif pembuat mobil seperti Honda, Ford, Renault bahkan Tesla untuk merancang produk mobil mereka. Dalam industri penerbangan dan dirgantara CATIA juga digunakan oleh perusahaan Boeing untuk mengembangkan pesawat yang lebih baru mereka seperti pesawat Boeng seri 777 dan seri 787.


Dengan segala keunggulan dan teknologinya yang canggih, software ini menjadikan CATIA sebagai salah satu software desain CAD teratas yang ada dipasaran saat ini. Oh iya, CATIA adalah singkatan dari Computer Aided ThreeDimensional Interactive Application. CATIA adalah paket lengkap atau Multi-Platform dari sebuah software desain CAD yaitu sebagai software CAD 3D, sebagai software manufaktur berbantuan komputer (CAM), dan sebagai software rekayasa berbantuan komputer (CAE).


Creo


Image credit : ptc.com


Software Creo dulunya bernama Pro/Engineer yang dimiliki oleh perusahaan asal Amerika bernama Parametric Technology Corporation (PTC), juga merupakan pelopor dalam industri CAD di tahun 1980-an sama seperti Autodesk. Software CAD ini berbasis parametrik pemodelan 3D. Creo juga menawarkan keunggulan fitur dari sebuah software CAD yaitu 3D CAD/CAM/CAE sama seperti CATIA. Fitur spesial yang ditawarkan Creo meliputi mechanical design, simulasi termal dan simulasi aliran fluida secara real-time, generative design, augmented reality hingga additive manufacturing.


Creo juga selama bertahun-tahun digunakan oleh perusahaan raksasa seperti John Deere dan Caterpilar untuk merancang dan mengembangkan produk alat berat mereka. Dalam sektor otomotif produsen mobil seperti Toyota, Hyunday dan Vokswagen juga selaku user terbesar software Creo.


Onshape


Image credit : techcrunch.com

Jika anda lebih mengutamakan kenyamanan dalam menggunakan software CAD tanpa harus mengunduh dan instalasi pada komputer, mungkin Onshape dapat menjadi salah satu pilihan. Onshape adalah software CAD yang hebat dan sepenuhnya gratis dan bersifat open-source. Onshape juga sepenuhnya berbasis cloud dan berfungsi dihampir semua sistem operasi baik itu Windows, Mac, termasuk smartphone sistem seperti iOS dan Android.


Tidak seperti software CAD lainnya yang harus diinstal di perangkat komputer, Onshap menawarkan fitur menarik yaitu mode kolaboratifnya, yang memberikan penggunanya akses instan ke ruang kerja (workspace) CAD yang sama dan data yang sama terpusat disatu tempat Cloud. Keunggulan fitur lainnya, anda dapat mengelola master desain tanpa perlu menyimpan salinan desain dan dapat melacak berbagai versi file yang berbeda.

Siemens NX


Image credit : blog.sw.siemens.com

Software NX adalah software CAD buatan Siemens sebuah perusahaan manufaktur terbesar dunia. NX sebelumnya dikenal dengan nama Unigraphics, juga termasuk dalam jajaran software CAD terbaik yang tersedia dipasaran. NX bekerja dengan sistem pemodelan parametrik, dan terintegrasi langsung dengan Product Lifecyle Management (PLM) dari produk Siemens. Dimana pengguna software NX dapat berkolaborasi sesama tim engineering secara global dan menyimpan dokumentasi berharga tentang pengembangan projek sebuah produk design.


Keunggulan fiturnya secara teknis, NX memiliki kemampuan secara komprehensif untuk menganalisa integritas struktural design untuk memastikan kapasitas fungsional produk jadi, misalnya seperti daya tahan atau durabilitynya. Salah satu fitur seperti ini yang dimilki oleh software NX melampau yang dapat ditawarkan oleh software CAD lainnya.


Software NX banyak digunakan oleh perusahaan otomotif sekelas General Motors, Fiat, Crysler, Nissan dan pabrikan otomatif lainnya sebagai aplikasi software CAD standar mereka.


Solid Edge


Image credit : blogs.sw.siemens.com

Solid Edge juga merupakan software CAD yang dipunyai oleh Siemens. Software ini juga powerful dan menjadi pilihan bagi banyak kalangan profesional dibidang engineering design. 


Solid Edge menawarkan fitur yang lebih sederhana dan mudah dipelajari dan memiliki harga yang lebih murah dibadingkan NX. Dengan kemudahan dan fleksibiltas penggunaanya, Solid Edge juga menawarkan integrasi yang sama dengan NX yaitu solusi dapat terintegrasi secara PLM serta kemampuan proses CAM dan CAE.


Shapr3D


Image credit : shapr3d.com


Software CAD terbaik yang terakhir adalah Shapr3D. Mungkin anda baru mendengarnya?. Iya, betul!. Shapr3D adalah pendatang baru dalam kategori software CAD. Shapr3D diklaim sebagai aplikasi CAD profesional pertama yang dirancang khusus untuk platform seluler atau tablet. Hanya tersedia untuk iPad paling tidak untuk saat ini. Sementara untuk MacOS dan windows perlahan-lahan akan segera diluncurkan.


Shapr3D dikembangkan perusahaan asal Hungaria, dimana aplikasi software CAD ini dibuat dengan tujuan melakukan proses desain secara intuitif, konseptual dan mobile yang menuntut melakukan iterasi desain secara cepat dan mudah diawal proses desain.


Bayangkan anda dapat melakukan proses desain CAD hanya dengan menggunakan tablet dan pensil digital sama seperti seorang graphic designer. Cukup menantang bukan?.


oh iya, Shapr3D menggunakan basis software yang sama dengan Siemens dan Solidworks dalam hal proses kerjanya yaitu berjalan dengan format file asli seperti STEP, IGES, dan format CAD lainnya.


Itulah deretan 10 software CAD terbaik untuk profesional di tahun 2021. Perlu diingat bahwa, deretan 10 daftar sofware CAD diatas tidak mengunggulkan atau memberikan peringkat kepada satu software dengan software lainnya. 


Setiap program CAD dirancang dan dibuat menyesuaikan kebutuhan pengguna dan industri pasarnya.



0 Komentar

Lebih baru Lebih lama