GAMBAR SEBAGAI BAHASA TEKNIK - DesainCAD

GAMBAR SEBAGAI BAHASA TEKNIK

GAMBAR SEBAGAI BAHASA TEKNIK



Visualisasi rancangan dalam gambar teknik

Dalam dunia keteknikan tentunya kita tidak asing lagi dengan yang namanya gambar. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya mencoba berbagi pemahaman mengenai fungsi gambar sebagai "bahasa teknik". Tulisan ini saya ambil dari beberapa referensi yang membahas mengenai gambar teknik.

Secara harfiah Gambar Teknik berasal dari kata : Gambar = Suatu alat "komunikasi visual", Sedangkan Teknik/Metode = cara kerja bersistem, atau cara sistematis dalam mengerjakan sesuatu. Jadi Gambar Teknik adalah komunikasi secara visual dalam menyampaikan informasi hasil rancangan suatu produk secara komunikatif, normatif, akurat (presisi), terukur (memiliki skala), dan efektif.

Sebuah gambar merupakan suatu bentuk goresan yang sangat jelas dari sebuah benda nyata, ide atau rencana yang di usulkan untuk pembuatan/ konstruksi selanjutnya.

Ilustrasi gambar rancangan prototipe dengan 3D printing

Dalam dunia permesinan penemuan-penemuan baru dalam bidang permesinan seperti mesin-mesin automasi dirancang dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Pada awalnya penemuan itu tercipta hanya berada dalam pikiran para Ilmuan dan Insinyur yang ahli dalam bidang permesinan. 

Sebuah mesin, struktur atau sistem baru harus ada dalam pemikiran para insinyur atau si pembuat rencana sebelum bisa menjadi kenyataan. Konsep awal atau idenya tertuang pada kertas atau sebagai model gambar desain pada layar monitor komputer dan dikomunikasikan pada orang lain melalui bahasa gambar (graphic language) dalam bentuk sketsa-sketsa tangan.

Untuk itu seorang sarjana Teknik Mesin harus mampu menuangkan ide-ide kreatif ciptaannya ke dalam gambar-gambar sketsa. Disamping itu juga seorang sarjana Teknik Mesin harus mampu memberi contoh cara mengerjakan, langkah-langkah kerja atau proses pembuatan desain kreasinya.

Instruksi gambar untuk proses manufaktur

Dalam dunia Teknik, komunikasi secara lisan akan banyak menimbulkan kesulitan. Hal ini karena didunia ini terdapat banyak macam bahasa dan dialek-dialek yang di gunakan sehingga kemungkinan seseorang sulit mengerti atau bahkan tidak tau apa yang dibicarakan oleh orang yang berbeda bahasanya.

Untuk mengatasi hal diatas, orang-orang yang berkecimpung dibidang Teknik berusaha mendapatkan cara berkomunikasi yang lebih universal dan bisa dimengerti oleh orang-orang Teknik di seluruh dunia. Untuk mencapai maksud diatas, orang-orang Teknik menggunakan gambar sebagai alat komunikasi dalam pekerjaan mereka dibidang teknik dan dunia industri. 

Sebagai 'bahasa', gambar juga harus memiliki kaedah-kaedah yang obyektif yang dapat dipahami oleh orang-orang yang ahli yang berkecimpung didalamnya. Aturan-aturan gambar ini dibuat secara internasional yang disebut dengan Standar ISO sebagai pedoman engineering drawing.

Jadi kesimpulannya, Gambar Teknik juga disebut sebagai Bahasa Teknik.




Please write your comments