Saturday, 28 July 2018

CARA MEMBUAT DETAIL GAMBAR PADA LAYOUT VIEW AUTOCAD



Satu hal yang penting dalam perencanaan sebuah gambar desain adalah mempersiapkan gambar  desain ke dalam bentuk gambar teknis. Gambar teknis merupakan instruksi manual dari desainer atau engineer dalam mengkomunikasikan ide yang dituangkan dalam kertas gambar. Gambar teknik juga boleh dikatakan sebagai representasi visual yang dibuat secara detail dan terperinci dari seluruh objek gambar mulai dari layout atau tata letak, geometri, dimensi ukuran, ketebalan garis, simbol, proyeksi tampilan dll. Setelah gambar teknik dibuat, pabrikan dapat menerjemahkannya dengan mudah tentang cara pembuatannya dalam bentuk real secara fisik atau manakala sebuah desain ingin dibuat secara massal.

Salah satu metode dalam membuat gambar teknik ini atau cara membuat detail gambar dapat kita aplikasikan pada layout view yang ada di AutoCAD. 

Pada video tutorial berikut saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana cara membuat detail gambar dengan layout view di AutoCAD. 

Pertama-tama persiapkan sebuah model gambar 3 Dimensi untuk diaplikasikan pada layout view AutoCAD. Di video tutorial ini saya memepersiapkan gambar connecting rod atau  batang piston sebagai contoh. Anda pun dapat mempersiapkan model gambar lain untuk mengikuti instruksi yang ada didalam video tutorial ini.


Selamat mencoba,
Thanks.