Metode Dasar AutoCAD - DESAINCAD

Metode Dasar AutoCAD

Metode Dasar AutoCAD

Perlu diketahui bahwa program AutoCAD merupakan program yang tergabung dalam software engineering yang sangat handal yang banyak dipakai bagi mereka yang berkecimpung dalam bidang rekayasa seperti Teknik Mesin, Teknik Arsitek, Teknik Sipil dan lainnya dalam mengolah gambar teknik. Tingkat ketelitian gambar yang dihasilkan oleh AutoCAD sangat akurat dan rapih jika dibandingkan dengan apabila kita menggambar secara manual, dan tentunya masih banyak keunggulan-keunggulan serta kelebihan lain yang diperoleh dari menggambar atau mendesain objek melalui autoCAD.

Materi kali ini kita akan mempelajari dasar-dasar autoCAD. Materi ini menggunakan autoCAD versi 2008 dan sebisa mungkin menyajikannya agar semua perintah dan intruksi-intruksi dapat bekerja disemua versi autoCAD. Saya berharap anda sudah memahami betul dasar prinsip kerja dari AutoCAD sebelum melanjutkan ketahap selanjutnya.

Sistem Koordinat X,Y
Semua obejek yang digambar dilayar autoCAD didasarkan pada sistem koordinat X dan Y. Didalam autoCAD dikenal dengan sistem koordinat dunia atau WCS (world coordinate system).
Berikut adalah gambar diagram koordinatnya.


Prinsip Kerja :
AutoCAD menggunakan point atau titik untuk menentukan dimana objek berada. Untuk mulai menentukan titik kita mulai dengan titik asal (0,0). Jika anda menarik garis lurus dari titik asal kearah kanan maka ini akan dianggap sebagai garis sumbu X positif, jika anda menarik garis lurus dari titik asal kearah atas maka akan dianggap nilainya sumbu Y positif. Pada gambar diatas menunjukkan titik yang terletak di (7,5), ini berarti jaraknya 7 di sumbu X dan 5 di sumbu Y. Setiap anda mulai memasukkan nilai dari suatu titik selalu dimulai dengan sumbu X pertama. Dan pada titik lain terlihat nilainya (10,5), berarti jarak titiknya 10 pada sumbu -X negatif karena ia berada pada posisi (kiri), dan 4 pada sumbu -Y negatif arah (bawah).

Metode memasukkan point/titik di AutoCAD
Terdapat tiga metode  dalam memasukkan poin dalam baris perintah autoCAD, tergantung bagaimana situasi yang berlaku saat anda bekerja nantinya.

Ketiga metode sistemnya sebagai berikut :

Koordinat Absolut - Dengan menggunakan metode ini, Anda memasukkan titik poin karena terkait dengan arah yang ditunjukkan oleh WCS. Untuk memasukkan titik titik cukup masukkan di titik persis seperti X, Y.


Koordinat Relatif - Memungkinkan Anda untuk memasukkan titik poin sehubungan dengan titik pertama yang telah Anda masukkan. Setelah Anda telah memasukkan satu titik, selanjutnya akan dimasukkan sebagai @ X, Y. Ini berarti bahwa AutoCAD akan menarik garis dari titik pertama ke titik lain unit dan unit X melalui Y relatif terhadap titik sebelumnya.


Koordinat Polar - Anda akan menggunakan sistem ini jika anda ingin menarik garis dari jarak tertentu pada sudut tertentu. Anda akan memasukkan ini sebagai @ Distance < angle , Dimana distance adalah jarak, dan angle adalah sudut. Contoh : @ 10 < 90 



Please write your comments